Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

coba3.jpg
Beranda
Guru Besar MathIPB
Tanggal 2 September 2013 merupakan hari spesial bagi kalangan civitas akademika IPB.  Itulah hari ulang tahun emas IPB yang ke-50.  Hari itu terasa lebih spesial lagi bagi kalangan MathIPB.  Di hari itulah, Mendiknas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh menandatangani SK penetapan guru besar bagi sekaligus dua dosen MathIPB: Prof. Dr. Ir. Siswadi, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. I Wayan Mangku, M.Sc. 

Dengan prestasi keilmuan, dedikasi, serta pengabdiannya, Pak Sis dan Pak Wayan  demikian keduanya biasa disapa  telah sepantasnya meraih gelar yang menjadi impian kalangan akademik tersebut.
 
swd2.jpg
Prof. Siswadi tercatat sebagai dosen paling senior yang membidani lahirnya Jurusan Matematika (kini Dep. Matematika) pada tahun 1984, sekaligus menjabat sebagai Ketua Jurusannya selama 10 tahun.  Perkembangan dinamika Departemen hingga saat ini tidak terlepas dari sentuhan awal dan perhatian tulus dari Prof. Siswadi.  Saat ini, di Departemen Matematika, Prof. Siswadi yang masuk S-1 IPB sebagai Angkatan 5 (1968, Iron & Roses) adalah Ketua Lab. Pemodelan Matematika.  Bidang Matematika dan Statistika telah ditekuninya sejak S-1 Statistika IPB (lulus 1973), S-2 di Univ. of Minnesota, USA (1977), hingga S-3 di North Carolina State Univ., USA (1981).  Pembantu Dekan I FMIPA IPB (1995 – 1999) dan Dekan FMIPA IPB (1999 - 2003) itu saat ini juga banyak aktif sebagai tim ahli dan asesor BAN-PT.   
  
Jangan membayangkan Prof. Siswadi hanya berkutat dengan StatMat.  Olah raga, karaoke, dan kuliner adalah kegemaran Pak Sis.  Mungkin tidak banyak yang tahu, Pak Sis adalah penyandang Dan II karate aktif.  Sabuk Dan III mestinya telah disandangnya tahun yang lalu. Namun sial, dalam sesi latihan persiapan ujian, Pak Sis mengalami cedera di tangan sehingga ujian kenaikan tingkatnya baru akan diikuti dalam waktu beberapa hari lagi. Semoga kali ini berhasil, sehingga makin banyak gelar yang disandang; ada Prof., ada Dan III, "Dan" sebagainya... :-) 
 
iwm2.jpg
Prof. Wayan Mangku, berasal dari keluarga sederhana di Kabupaten Karangasem, ujung timur pulau Bali.  Ia masuk IPB melalui jalur undangan (Proyek Perintis II) sebagai Angkatan 18 (1981), menamatkan S-1 Statistika IPB (1985), S-2 Applied Mathematics, Curtin University of Technology, Australia (1992), dan jenjang S-3, Stochastics Theory, University Amsterdam (2001).  Prof. Wayan Mangku sangat beruntung memiliki kebiasaan langka, "menulis apa yang dilakukan, dan melakukan apa yang ditulis". Berbagai hasil kajian teoritisnya telah terbit di jurnal-jurnal internasional.  Anak-anak bimbingannya secara berkesinambungan dilibatkan dalam topik-topik penelitiannya.  Dalam empat tahun terakhir, selain kesibukan mengajar dan meneliti, Pak Wayan juga tekun melaksanakan tugas yang banyak menyita waktu  sebagai Sekretaris Departemen.
 
Bila suatu saat Anda melihat Pak Wayan sambil berjalan menggerak-gerakkan jemari tangannya, itu bukan berarti Pak Wayan sedang memvisualisasikan kajian Teori Stokastiknya, melainkan sedang asyik menikmati kegemarannya menabuh musik Bali.  Bakat ini kini menurun pada putera-puterinya.  Bahkan si bungsu yang masih duduk di bangku TK telah mampu memainkan musik gender - jenis musik tradisional Bali yang memerlukan teknik tinggi untuk bisa memainkannya. 
 
Selamat untuk Prof. Sis dan Prof. Wayan!  Semoga kedua prof ini akan memicu lahirnya prof-prof lainnya di Departemen. Rencana pembukaan PS jenjang S-3 MathIPB kini diharapkan makin mendekati kenyataan dengan telah hadirnya kedua guru besar ini.  Semoga bisa segera terealisasi!
 
(NKK, 27/9/13) 
 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Random Quotes

Adalah lebih baik untuk mengetahui kelemahan & kegagalan sendiri daripada menuding kesalahan kepada pihak lain

anonim

Syndicate

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday158
mod_vvisit_counterYesterday544
mod_vvisit_counterThis week1343
mod_vvisit_counterThis month10239
mod_vvisit_counterAll1025697