Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Beranda arrow Akademik arrow Program Magister Sains
Program Magister Sains Matematika Terapan

Program S2 Matematika Terapan didirikan pada tahun 2005 sebagai bentuk kepedulian Departemen Matematika FMIPA IPB terhadap kepentingan masyarakat, yaitu untuk memenuhi kebutuhan tenaga matematikawan di Indonesia, yang menunjang kegiatan pendidikan, penelitian,  industri, ekonomi, dll.

Program S2 Matematika Terapan memiliki visi menjadi program pendidikan yang reputasinya diakui secara nasional dan internasional, khususnya dalam bidang matematika terapan.

Visi Program S2 Matematika Terapan telah dijabarkan ke dalam misi, tujuan dan sasaran yang terukur. Selain itu visi, misi, tujuan dan sasaran tersebut telah disosialisasikan pada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dan terdokumentasi pada Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Departemen Matematika, katalog Program S2 Matematika dan web Departemen.

Pengelolaan Program S2 Matematika Terapan dilakukan oleh Departemen Matematika sebagai pelaksana akademik bersama-sama dengan Fakultas MIPA sebagai penjamin mutu dan Sekolah Pascasarjana sebagai pengelola administrasi dengan menjunjung tinggi kejujuran, keterbukaan, etika, standar akademik dan integritas institusi.

Pendirian Program S2 Matematika Terapan bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan ciri-ciri kemampuan sebagai berikut:

 

  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutahirkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian dengan cara menguasai dan memahami pendekatan metode kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya.
  2. Mempunyai kemampuan memecahkan masalah di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacakupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.

Program Magister Sains dengan Mayor Matematika Terapan bertujuan menyiapkan tenaga profesional matematika dengan kualifikasi S2 yang sejalan dengan kebutuhan dan trend  yang berkembang pada pasar tenaga kerja, dan memberi landasan yang kokoh bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang doktor.  Magister Sains lulusan dari program ini diharapkan memiliki kompetensi yang cukup untuk menganalisis suatu masalah nyata secara sistematis, memodelkan  dan menyelesaikannya dengan menggunakan konsep dan teknik matematika, serta berkomunikasi dan bekerjasama dalam suatu team work.

Penyelenggaraan Program Magister Sains dengan Mayor Matematika Terapan ini dikelola bersama oleh Sekolah Pascasarjana (SPS) IPB dan Departemen Matematika IPB. 

 

Kurikulum Mayor Matematika Terapan

Kurikulum Program Magister Sains dengan Mayor Matematika Terapan terdiri dari mata kuliah Wajib SPS sejumlah 6 SKS, mata kuliah Wajib Mayor sejumlah 26 SKS, dan mata kuliah Mayor Pilihan sejumlah 9 SKS.  Daftar mata kuliah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

MK Wajib SPS (6 SKS)
 No Mata Kuliah  Kode  SKS  Semester 
 1  Bahasa Inggris
PPS500   3  
 2  Metode Komputasi Matematik  MAT521  3(2-3)  1
 Total  
         
 MK Wajib Mayor (26 SKS)
 No Mata Kuliah Kode  SKS  Semester 
 1  Aljabar Linear
 MAT511  3(2-2)  1
 2  Analisis Real
 MAT513  3(2-2)  1
 3  Persamaan Diferensial  MAT551  3(2-2)  1
 4  Analisis Numerik
 MA522  3(2-3)  2
 5  Pemodelan Matematika
 MAT552  3(2-3)  2
 6  Proses Stokastik  MAT554  3(2-2)  2
 7  Kolokium  PPS601  1  3
 8  Seminar  PPS690  1  4
 9  Penelitian dan Tesis
 PPS699  6  4
 Total  26  
         
 MK Mayor Pilihan (9 SKS)
 No Mata Kuliah  Kode  SKS  Semester 
 Peminatan Riset Operasi
 1  Pemrograman Linear dan Tak Linear
 MAT532  3(2-2)  2
 2  Pemrograman Integer dan Kombinatorik
 MAT631  3(2-2)  3
 3  Pemodelan Riset Operasi
 MAT633  3(2-2)  3
 Total  9  
 Peminatan Matematika Keuangan dan Aktuaria
 1  Matematika Keuangan dan Pasar Modal
 MAT542  3(2-2)  2
 2  Finansial Derivatif  MAT641  3(2-2)
 3
 3  Matematika Aktuaria
 MAT643  3(2-2)  3
 Total  9  

 

 

 

 

Random Quotes

Persahabatan sejati tidak akan membeku, meskipun pada musim dingin.

anonim