Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

Gugus Mahasiswa Matematika IPB

 

gum3.gif

 

 

 

 

 

 

 

  Gugus Mahasiswa Matematika Institut Pertanian Bogor yang selanjutnya disebut Gumatika IPB adalah satu-satunya himpunan profesi Matematika di Institut Pertanian Bogor.  Gumatika IPB didirikan pada bulan Desember 1990. 

Gumatika IPB adalah tempat bagi mahasiswa Institut Pertanian Bogor untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang keprofesian Matematika, yang bersifat intra perguruan tinggi, berlandaskan keilmuan serta berasaskan Pancasila. Gumatika IPB bukan organisasi berkekuatan politik, bukan bagian dari salah satu organisasi kekuatan politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis. Anggota Gumatika IPB adalah mahasiswa Matematika IPB pada khususnya, dan mahasiswa IPB yang telah mengikuti proses kaderisasi Gumatika IPB.

Tujuan Gumatika IPB

  1. Pembinaan integritas dan solidaritas mahasiswa Matematika IPB.
  2. Pengkoordinasian kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dalam bidang Matematika yang menunjang empat pilar mahasiswa di lingkungan IPB, yaitu:
    1. Selalu belajar untuk mencari tahu, guna menguasai bidang ilmu.
    2. Selalu belajar melatih diri untuk memperoleh keterampilan dalam mengaplikasikan bidang ilmu.
    3. Selalu belajar untuk memerankan profesi bidang ilmu.
    4. Selalu belajar bagaimana hidup bermasyarakat.
  3. Mengembangkan keprofesian Matematika sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Wadah Pengembangan potensi diri mahasiswa Matematika IPB.

Tugas pokok dan fungsi

Tugas pokok Gumatika IPB adalah :
  1. Menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan keprofesian Matematika atau orang yang menggeluti keprofesian tersebut.
  2. Menjalankan ketetapan-ketetapan  yang dikeluarkan oleh Musyawarah Gumatika IPB.
  3. Membina hubungan timbal balik dan keharmonisan gerak antara Gumatika IPB dengan civitas akademika IPB.
Gumatika IPB berfungsi :
  1. Sebagai forum komunikasi civitas Matematika, civitas IPB, dan alumni Matematika IPB.
  2. Mempersiapkan kader-kader Gumatika IPB sebagai sumber daya dalam kegiatan-kegiatan Gumatika IPB untuk kepengurusan selanjutnya.
  3. Sebagai wadah perantara dalam kerjasama terutama dalam bidang keprofesian dengan organisasi di luar Gumatika IPB.

Kegiatan

Gumatika IPB melaksanakan kegiatannya sesuai dengan keadaan dan perkembangan masyarakat.  Kegiatan yang dilakukan dapat bersifat nasional untuk membina persahabatan dan persaudaraan, bersifat keprofesian yang berdasar kepada empat pilar Mahasiswa, dan ikut serta membantu masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di bidang pendidikan.

Usaha

Gumatika IPB berusaha melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai dengan asas, landasan, sifat, tujuan dan fungsi organisasi.  Usaha yang dilakukan diarahkan pada pembinaan integritas dan solidaritas serta pengembangan potensi diri mahasiswa dengan menyelenggarakan kegiatan sesuai dengan keprofesian yang mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Untuk menunjang usaha dan mencapai tujuan Gumatika IPB, diadakan prasarana dan sarana yang memadai berupa organisasi, personalia, perlengkapan, dana, komunikasi, dan kerjasama.

Struktur Organisasi

  1. Pembina Gumatika IPB, yang dijabat oleh Komisi Kemahasiswaan Departemen Matematika FMIPA IPB.
  2. Dewan Legislatif Gumatika IPB, yang beranggotakan 1 orang mahasiswa Matematika tingkat 4, 2 orang mahasiswa Matematika tingkat 3, dan 3 orang mahasiswa Matematika tingkat 2.
  3. Pengurus Gumatika IPB, yang terdiri dari Badan Pengurus Harian (BPH) dan Badan Pekerja.  Masa jabatan Pengurus adalah 1 periode kepengurusan (1 tahun) terhitung sejak tanggal ditetapkan.  

Lambang

lambangLambang Gumatika IPB terdiri atas tulisan GUMATIKA yang melambangkan bahwa himpunan profesi ini mempunyai nama Gumatika IPB. Gambar 5 buah persegi dengan perbandingan panjang sisi 1:1:2:3:5 merepresentasikan 5 suku pertama Deret Fibonacci yang melambangkan bahwa Gumatika IPB berlandaskan keilmuan. Garis melengkung yang menghubungkan dua titik sudut dari masing-masing persegi menggambarkan huruf G yang merupakan inisial dari Gumatika IPB. Lambang IPB yang ada melambangkan bahwa Gumatika IPB berada di bawah naungan IPB. Dan keseluruhan lambang yang didominasi warna hitam melambangkan bahwa Gumatika IPB berjalan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Hymne Gumatika IPB

Hymne Gumatika IPB adalah lagu pujian yang menyatakan fungsi, peranan, dan cita-cita luhur Gumatika IPB, yang syair lagunya berbunyi :

Tinggalkan ayah, tinggalkan ibu
Relakan kami di Gumatika
Di bawah naungan Fakultas MIPA
Maju, ayo maju, menyerbu serbu

Tidak kembali pulang
Sebelum kita menang
Walau banyak rintangan yang kan menghadang
Mahasiswa tak kenal menyerah

*)
Maju, ayo maju, ayo terus maju
Singkirkan dia, dia, dia
Kikis habislah mereka
Musuh Gumatika IPB
Wahai kawanku, taruna Gumatika
Dimana engkau berada
Teruskan perjuangan para pahlawan
Untuk Nusa kita kan berjuang

Kembali ke *)

Sekretariat Gumatika IPB

Student Center of MIPA
Kampus IPB Darmaga, Jl. Meranti
Bogor 16680

E-mail: Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
Web: gumatika.lk.ipb.ac.id

 

Random Quotes

Jika anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik.

anonim