Seminar Tugas Akhir Agus Joko Waluyo |
|
Kamis, Juni 02 2005, 10:00 - 11:00 |
by
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
|
Hits : 3159 |
|
Seminar Tugas Akhir
Agus Joko Waluyo G05400024
Insentif Merger Domestik dan Internasional pada Pasar Oligopoli
Merger merupakan penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan yang lebih besar. Jika kedua perusahaan yag melakukan merger berasal dari satu negara yang sama, maka merger ini dinamakan merger domestik. Sedangkan jika kedua negara melakukanmerger berasal dari negara yang berbeda, makamerger ini dinamakan merger internasional. Dalam tulisan ini, jika kedua perusahaan melakukan merger beroperasi pada satu negara yang sama, maka dinamakan pasar impor. Sedangkan jika negara yang melakukan merger beroperasi pada negara yang berbeda, maka dinamakan pasar ekspor.
Insentif perusahaan akan ada jika laba dua perusahaan yang melakuka merger lebih besar dari penjumlahan laba dua perusahaan yang tidak melakukan merger. Semakin besar efek biaya yang terjadi akibat dua perusahaan melakukan merger, maka semakin besar intensitif perusahaannya. Demikian juga dengan intensitif kesejahteraan akan ada jika tingkat kesejahteraan dua perusahaan yang melakukan merger lebih besar dari penjumlahan tingkat kesejahteraan dua perusahaan yang tidak melakukan merger. Pada pasar ekspor selalu ada intensitif kesejahteraan. Intensitif kesejahteraan pada merger domestik lebih besar daripada merger internasional. |