Sidang Tugas Akhir Nur Fitriany |
|
From Jumat, Agustus 02 2013 - 09:00 To Kamis, Januari 01 1970 - 08:00 Every day |
by
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
|
Hits : 1950 |
|
Sidang Tugas Akhir
Nur Fitriany g54090064
Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi kumulatif (IPK) menggunakan regresi logistik biner dan multinomial
Indeks prestasi kumulatif (IPK) merupakan evaluasi studi pada akhir program pembelajaran dan sebagai salah satu penentu predikat kelulusan (IPB 2009). Secara spesifik IPK merupakan tolok ukur prestasi akademik siswa pada tingkat pendidikan perguruan tinggi. IPK juga sering kali dijadikan persyaratan dalam penerimaan tenaga kerja, maupun rencana studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Menurut Kuh et al. (2006), faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa perguruan tinggi dapat dibagi menjadi dua tahap, yaitu pengalaman praperkuliahan yang meliputi pendaftaran, persiapan akademis termasuk di dalamnya prestasi akademis pada tingkat pendidikan sebelumnya, kecerdasan dan kesiapan kuliah, dukungan keluarga dan rekan, motivasi belajar, serta karakteristik demografi (misalnya gender, ras dan kondisi sosial ekonomi),dan pengalaman perkuliahan yang meliputi perilaku siswa, kondisi institusi dan keterlibatan siswa.
Pada penelitian ini akan diidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi IPK menggunakan regresi logistik biner dengan peubah respons yang terbagi atas dua kategori dan regresi logistik multinomial dengan peubah respons yang terbagi atas tiga kategori. Penelitian ini dilakukan terhadap 69 mahasiswa Departemen Matematika IPB yang terdiri atas angkatan 46, 47, dan 48.
Hasil metode regresi logistik biner menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi IPK yaitu lama belajar. Sedangkan dengan menggunakan regresi logistik multinomial faktor yang mempengaruhi IPK yaitu status pekerjaan ibu, , pengeluaran per bulan selain untuk biaya hidup dan akademik, dan tambahan jam belajar seperti bimbingan belajar (bimbel).
|