Seminar Tugas Akhir Aditya Prayudanto |
|
Selasa, Oktober 01 2013, 09:00 - 10:00 |
by
Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
|
Hits : 2066 |
|
Seminar Tugas Akhir
Aditya Prayudanto g54090080
Pemodelan Hubungan Pelanggan dan Perusahaan Menggunakan Rantai Markov
Hubungan antara perusahaan dan pelanggan terjadi karena adanya pemasaran produk dari perusahaan ke pelanggan dan transaksi dari pelanggan ke perusahaan. Dalam hubungan antara perusahaan dan pelanggan ada yang disebut recency, yaitu jumlah periode sejak pelanggan terakhir membeli. Recency tersebut diasumsikan membentuk rantai Markov. Tujuan tugas akhir ini adalah memodelkan hubungan pelanggan dan perusahaan, menghitung customer lifetime value (CLV) serta mengaplikasikan model rantai Markov ke perusahaan Oriflame. CLV dapat dihitung dengan menggunakan teori dari Markov decision processes. CLV digunakan untuk mengetahui prospek transaksi pelanggan di masa yang akan datang. Model rantai Markov untuk hubungan pelanggan dapat diaplikasikan pada data transaksi perusahaan Oriflame. Dengan menggunakan data transaksi 3 pelanggan Oriflame, dapat dibuat matriks peluang transisi yang diestimasi menggunakan maximum likelihood estimation dan dapat pula dihitung CLV nya. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa model rantai Markov dapat memodelkan hubungan perusahaan dan pelanggan dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari ketiga pelanggan tersebut memperlihatkan hasil CLV yang berbeda. |