Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

coba1.jpg
Fungsi Periodik Bioritme Manusia
Oleh: Kutha Ardana - MathIPB

 biorhythms.jpgTahukah anda bahwa kondisi fisik, emosional, dan intelektual seseorang pada suatu waktu membentuk fungsi periodik sinus dengan periode yang bervariasi.  Klaim ini dipelopori oleh seorang dokter Jerman - Fliess, dilanjutkan oleh Swoboda (1904) (lihat: http://en.wikipedia.org/wiki/Biorhythm, http://www.skepdic.com/biorhyth.html).   Jika hal ini benar, tentu kita bisa memanfaatkannya untuk memperlancar aktivitas yang kita lakukan.

 

Selengkapnya...
 
Mengapa Tak Ada Hadiah Nobel Matematika?

Oleh: Kutha Ardana - MathIPB

nobel_prize.pngHadiah Nobel yang digagas ilmuwan Swedia, Alfred Nobel, diberikan setiap tahun sejak 1901 pada cabang: fisika, kimia, sastra, perdamaian, fisiologi/obat-obatan.  Pada tahun 1969, bidang penghargaan diperluas dengan memasukkan bidang ekonomi.  Tentu banyak orang bertanya-tanya, mengapa matematika (”sang ratu dan pelayan ilmu”, menurut E. T. Bell) tidak masuk pada kategori Hadiah Nobel?
Selengkapnya...
 
Golden Ratio Di Balik Keindahan

Oleh: Kutha Ardana – MathIPB

Edisi Dirgahayu RI, HUT ke-66, 17/08/2011

 

goldenratio0.jpgPada peringatan HUT Proklamasi RI ke-66 y.l., seorang reporter tv nasional menginformasikan bahwa ukuran bendera yang dikibarkan di istana negara adalah 3 x 2 m2.  Inilah ukuran resmi terbesar Sang Merah Putih yang diatur dalam PP No. 40 tahun 1958.  Intinya nisbah (rasio) panjang : lebar bendera kita adalah 3 : 2.  Berapakah nisbah yang tepat agar suatu bentuk persegi panjang indah dipandang?  Adakah suatu konsep matematika yang terkait dengan nisbah semacam ini?

Selengkapnya...
 
22/7: Happy Pi Approximation Day

Oleh: Kutha Ardana, MathIPB

pi227.jpgDemikian populernya konstanta pi (π), sampai-sampai ia dirayakan dua kali setahun. Pertama, Pi Day yang jatuh pada bulan Maret tanggal 14 (pi = 3.14…).  Berikutnya, Pi Approximation Day, yang jatuh setiap tanggal 22/7.  Seperti diketahui, pi adalah bilangan irasional (tak dapat dinyatakan sebagai pecahan, digit desimalnya tak berulang). Pecahan 22/7 adalah pendekatan pi dalam bentuk pecahan yang paling sederhana, menghasilkan pi tepat sampai 2 desimal.

Selengkapnya...
 
BEASISWA AAJI
Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada tahun akademik 2011/2012 akan memberikan beasiswa aktuaria kepada mahasiswa Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IPB dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Dana beasiswa diberikan selama 10 bulan, mulai bulan Agustus s/d Mei pada periode tahun akademik berjalan.
  2. Baru menyelesaikan tahun akademik ke 3 (tiga) dan telah secara formal  menyelesaikan (lulus atas) sekurang-kurangnya 2 (dua) mata kuliah Persatuan Aktuaris Indonesia, baik melalui persyaratan penyetaraan mata kuliah ataupun melalui kelulusan langsung atas pengambilan ujian Persatuan Aktuaris Indonesia.  Tabel penyetaraan kurikulum IPB-PAI, sebagai berikut :
Selengkapnya...
 
<< Awal < Sebelumnya 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Berikutnya > Akhir >>

Hasil 121 - 125 dari 149

Random Quotes

Seseorang yang melakukan kesalahan dan tidak memperbaikinya akan melakukan kesalahan lain.

anonim

Syndicate

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday342
mod_vvisit_counterYesterday366
mod_vvisit_counterThis week342
mod_vvisit_counterThis month8758
mod_vvisit_counterAll1010336