Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Analisis Model Permainan Lokasi Hotelling Tanpa Kerjasama
Jenis : Skripsi
Penulis : Yoanita Historiani
NRP : G05400013
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar : 02 September 2004 10:00
Tanggal Sidang : 07 September 2004 13:00
Pembimbing : Dr.Ir. Dominicus Savio Priyarsono MS
Dr. Donny Citra Lesmana, S.Si., M.Fin.Math.

Ringkasan : Setiap penjual diasumsikan bertujuan untuk memaksimumkan laba. Besarnya laba yang diperoleh oleh seorang penjual bergantung pada banyak hal, diantaranya pada harga dan strategi yang dipilihnya. Pemilihan lokasi merupakan salah satu strategi yang dapat dipilih oleh penjual untuk memaksimumkan laba. Masalah pemilihan lokasi kesetimbangan dari 2 penjual yang menjual barang homogen merupakan subgame dua tahap, dengan masing-masing penjual memilih lokasi pada tahap pertama dan harga pada tahap kedua. Model ini dibangun berdasarkan asumsi bahwa biaya produsi nol, wilayah pasar berupa ruas garis lurus, dan konsumen tersebar disepanjang pasar. Pada saat biaya transportasi merupakan fungsi linear terhadap jarak, maka tidak terdapat kesetimbangan lokasi ketika kedua penjual berlokasi sangat dekat (tetapi tidak terletak pada titik yang sama). Pada saat biaya transportasi merupakan fungsi kuadratik terhadapa jarak, kesetimbangan harga dijamin selalu ada (untuk setiap kombinasi lokasi yang dipilih oleh kedua penjual), dan kesetimbangan lokasi ketika semua penjual menerapkan strategi murni akan terjadi pada titik-titik di ujung selang. Ketika salah satu penjual menerapkan strategi campuran, yaitu dengan memilih berlokasi dititik-titik ujung selang dengan peluang yang sama, maka penjual yang lainnya tidak memperoleh keuntungan yang lebih besar selain memilih lokasi di tengah-tengah selang. Model lokasi ini banyak diterapkan dalam berbagai bidang ilmu, antara lain dalam pemilihan produk, terutama pada kasus produk yang terdifensiasi.

Random Quotes

Melalui pengalaman kita dapat menjadi bijaksana.

anonim