Skip to content
Narrow screen resolution Wide screen resolution Auto adjust screen size Increase font size Decrease font size Default font size blue color orange color green color Sign In

Matematika IPB

 
Data Skripsi
 
Judul : Penurunan Statistik Uji dan Nilai Rataan Peubah Ganda dengan Metode Maksimum Likelihood
Jenis : Skripsi
Penulis : Hani Safitri
NRP : G05499014
Tanggal Lulus : 01 January 1970
Tanggal Seminar : 22 August 2003 08:00
Tanggal Sidang : 10 September 2003 14:00
Pembimbing : Muhammad Nur Aidi
Prof. Dr. Ir. I Wayan Mangku, M.Sc.

Ringkasan : Statistik uji merupakan statistik yang diguanakan untuk menguji suatu hipotesis. Pada tu;lisan ini dibahas mengenai statistik uji untuk pengujian vektor rataan peubah ganda dari suatu populasi yang menyebar ganda (N(mu,sigma)) dengan metode maksimum likelihood (rasio likelihood).Pda pengujian hipotesis nol H_0 : mu=mu_0, dengan mu_0 adalah vektor konstanta tertentu, maka metode rasio likehood akan mengantarkan pada statistik uji Tpangkat2 Hotteling, dengan asumsi matriks koragam (sigma) tidak diketahui. Sedangkan jika matriks koragamnya diasumsikan diketahui maka statistik uji yang didapatkan adalah statistik yang memiliki sebaran khi-kuadrat (chi kuadrat). Begitu pula ketika membandingkan vektor rataan dari dua buah populasi yang masing-masing menyebar normal ganda N(mu_1,sigma_1) dan (mu_2, sigma_2). Jika hipotesi nol H_0 :mu_1= mu_2 melawan hipotesis alternatif H_1 : mu_1 bukan = mu_2, dengan asumsi matriks koragam kedua populasi tersebut sama (sigma_1=sigma_2=sigma), maka rasio likelihood kembali mengantarkan pada statistik uji Tkuadrat Hotelling, untuk kasus sigma tidak diketahui, dan seperti sebelumnya jika Sigma diketahui maka statistik uji yang diperoleh memiliki sebaran khi-kuadrat (chi kuadrat).

Random Quotes

Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang sehingga ingin hati menjemputnya dari alam mimpi dan memeluknya dalam alam nyata. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu.

anonim